~

~
by: Novi Ambarsari (vivovin)
menulis adalah secangkir teh hangat. silakan diminum selagi hangat. maka dengan ini, selamatlah membaca selagi ampasnya mengendap~

Wednesday, September 3, 2014

Kenapa Kudu Kreatif


Ada yang bilang, kreatif itu bisa nggambar, bisa bikin lagu, ngelukis, memahat kayu jadi patung berseni tinggi, bisa bikin alat super canggih, bikin video keren, prakarya lucu dari bahan-bahan bekas, dsb. 

Yup. Itu semua kreatif. Produk kreativitas. Mungkin bisa dibilang kreatif dalam arti sempit. Mari perlebar maknanya teman-teman. Agar kita lebih leluasa.


Sebuah proses pemecahan masalah, semacam solusi brilian yang tidak terpikirkan sebelumnya, ada yang yang menyebutnya sebagai pandangan visioner yang melahirkan karya dan bentuk, bisa juga dikatakan sebagai satu langkah dimana langkah itu menghadirkan puluhan-ratusan-ribuan-juataan langkah yang lain. 

Itu, kreatif!

Dunia berkembang mengikuti pola manusia-manusia yang hidup pada zamannya. dan, faktanya, kreativitas turut andil dalam perkembangan itu sendiri. 

Kasih contoh nih, sederhanya aja : air mineral dalam kemasan. Pasti dulu pada banyak yang mikir, ngapain air mineral diwadahin terus dijual? Kok ya kurang kerjaan banget. Tapi berkat adanya produk kreativitas itu, dunia berubah. Yang tadinya harus cari sungai dulu untuk minum, sekarang tinggal beli aja di warung air mineral harga gopek udah dapet.

Yang akan aku tekankan disini adalah, being creative is a must, dear.

Kenapa ? karena : 

1.Menyelesaikan masalah butuh kreativitas.

Pernah merasa kalau pengalaman aja ngga cukup untuk nyelesaiin suatu masalah? Aku dan mungkin teman-teman pernah merasakan ini. Sekalipun kita pernah berada dalam masalah yang sama sebelumnya, penyelesaiannya justru berbeda. 

Hei, kreatif ngga melulu soal bikin karya cipta berupa bentuk atau benda. Kreatif ada dalam solusi dan pemikiran.

Magic-nya adalah, kreativitas dalam solusi dan pemecahan membuat suatu masalah terlihat anggun dan ngga menakutkan. 


2.       Orang cenderung tertarik

Temen-temen pasti lebih tertarik sama iklan rokok yang bijak dan stylish banget daripada iklan lain yang isinya Cuma promosi. Iya kan? kreativitas bermain peran dalam hal ini. kita mah jarang peduliin iklan itu yang bikin siapa, tapi isi dan cara nyampeinnya yang ngena banget itulah yang kita inget.



Contoh lain nih, di sekolah. Bandingin kedua guru yang memakai teknik berbeda dalam memberi tugas ke siswa. Guru biasa mungkin akan bilang, “kerjakan halaman 10 sampai 100, dikumpulkan besok.” Dan jadilah muridnya stress saat itu juga karena tugas-tugas itu menghujam tepat ke hati mereka -_-.

Tapi kalau guru kreatif, dia akan berpikir gimana cara agar murid tidak stress tapi tetep ngerjain tugas yang segitu banyaknya. Yah mungkin dia akan bilang, “sebagai pejuang-pejuang tangguh, ada tantangan yang butuh kalian taklukkan anak-anak. Nah, ini dia tantangannya, serdadu penjajah ada di halaman 10 – 100. Taklukkan dan kalahkan mereka. Besok bapak tunggu di meja bapak, ya.” Hehe panjang lebar dan mungkin kedengaran aneh ya? Tapi efeknya yang berbeda. 

Creativity makes people attracted, at least respect.

3.       Kreativitas bisa menghasilkan uang




Orang biasanya beli bungkus, bukan makanannya. Pernah dengar statement kayak begini? Sebenernya itu ungkapan kalo orang beli makanan karena tertarik sama bungkusnya yang unik padahal rasa makanannya biasa-biasa aja. Bahkan mereka rela keluarin uang lebih buat makanan yang sebenernya ngga begitu mahal. Tapi entah karena pengemasannya yang beda, bikin makanan itu jadi punya value tinggi. 

next ? ada lagi nih. tapi to be continued :D don't miss it guys !

0 responses:

Post a Comment

Copyright © 2014 The Words World