~

~
by: Novi Ambarsari (vivovin)
menulis adalah secangkir teh hangat. silakan diminum selagi hangat. maka dengan ini, selamatlah membaca selagi ampasnya mengendap~

Tuesday, December 31, 2013

Kuliah itu Banyak Tahu tentang Banyak Hal


Mahasiswa, man! Mahasiswa!

Buat yang udah jadi mahasiswa, let me remind you : kita ini mahasiswa!

Kenapa sih memang kalau jadi mahasiswa? Apa istimewanya? Mahasiswa kan tugasnya berat? Cuma ganti panggilan dari siswa jadi mahasiswa, kan? Terus? Istimewanya dimana?

Hey, ini bukan tentang keistimewaan. Bukan juga tentang pangkat ‘MAHA’ di depan kata ‘SISWA’. Tapi lebih dari itu semua.

Well,

“Pangkat” ganti, tugas pun juga ganti bahkan punya sebutan yang berbeda. Apa itu? Kuliah. Mahasiswa tugasnya kuliah. Iya, kuliah. Kalau ditanya mau kemana, jawabnya mau kuliah bukan mau sekolah..

Akselerasi, boy! Ngapain kalian kuliah kalau cuma kuliah-nongkrong-pulang? Akselerasi! Kuliah itu banyak tau tentang banyak hal. Kuliah jurusan apapun jangan saklek, begitulah kira-kira maksud mas Pidi, alumni salah satu universitas di Yogyakarta. 

Misal, ngga Cuma mahasiswa hukum atau jurusan yang berbau politik yang berhak dan harus belajar politik. Ngga Cuma mahasiswa kesehatan yang bisa bahkan harus belajar tentang gimana caranya ngurus orang sakit, misalnya. Dst..

Ada banyak hal di sekitar kita yang harus kita peduliin, harus kita tau. Seenggaknya kita kenal. Dunia ini luas, ngga Cuma dunia jurusan aja yang kudu kita ngerti.

Pernah suatu ketika saya iseng tanya ke beberapa teman mahasiswa. Pertanyaannya pendek. Tinggal jawab ‘YA’ atau ‘TIDAK’. Pertanyaannya adalah :

“Tau Syi’ah, ngga?”

Dan apa jawaban dominan yang saya dapet?

NGGAK” a.k.a “TIDAK” alias mereka nggak tau syi’ah!

Tulisan ini ngga akan bahas tentang syi’ah-nya kok. Tapi dari jawaban dominan yang saya dapet, saya merasa ngga yakin. tapi tetep berusaha positive thinking. Kali aja mereka jawab ‘nggak’ karena males aja ngomongin syi’ah. Oke, saya coba tanya lagi dengan pertanyaan yang sama. “Syi’ah.. Syi’ah.. itu lho.. tau kan?” dan jawaban mereka……………

Tetep!

Tapi lebih panjang.

Nggak tau.

Oke. Titik! Mereka beneran nggak tau.

Balik lagi ke “Kuliah itu banyak tahu tentang banyak hal”. 
Mungkin kalimat ini artinya lebih ke ‘jadi mahasiswa yang berwawasan luas’. Bayangkan, untuk hal yang lagi booming mereka (re: mahasiswa) ngga tau. Oke, oke, memang ngga semua mahasiswa yang begitu sih. Tapi bayangkan kalau di luar sana ada berita tentang kekacauan bumi yang akan segera melanda Indonesia misalnya dan mereka (yang ngga tau atau ngga mau tau) itu ngga tau atau belum denger kabar itu?

Setelah mendengar jawaban mereka, akhirnya saya jadi mikir. Jangan-jangan saya sendiri malah ngga tau tentang syi’ah atau bahkan ngga tau sama hal-hal diluar sana yang mungkin lebih penting dari ini? Jangan-jangan malah saya yang ngga tau apa-apa dibanding mereka? Who knows..

Dan pikiran itu berlanjut.

Kita, mahasiswa yang terlalu sibuk mendalami ilmu di jurusan masing-masing atau terlalu sibuk dengan urusan dunia maya?

Let’s think it~ 

“Banyak tau tentang banyak hal” itu memang ngga semudah yang dibanyangin. Ngga mudah karena kita sibuk mikirin prosesnya yang panjang. Kalau gitu, kenapa ngga mencoba jalanin aja tuh proses yang katanya panjang itu ?

“Banyak tau tentang banyak hal” itu bukan agar seorang mahasiswa jadi keren atau gaul. Tapi agar ia tanggap dan peduli dengan apa yang telah ia ketahui. Jika ada seseorang di sana bertanya untuk apa tau banyak tentang banyak hal, mungkin jawaban yang bisa saya berikan selain jawaban diatas adalah, untuk kebaikan orang lain dan dirinya sendiri.


Okay, that’s all. Kritik saran tanggapan semoga bisa saya dapet dari tulisan sederhana ini. Semoga lewat tulisan ini ada yang tercerahkan lalu mencerahkan sesamanya juga.Thanks for reading this  :)

 
nyomot dari google ~

kayak pernah tau ini slide presentasi siapa. *ijin share ya*

6 comments:

  1. numpang komen gan (ini juga disuruh sama autornya)

    ReplyDelete
  2. Tambah kreatif & inspiratif tulisannya ^_^b

    ReplyDelete
  3. thank you for your appreciation, via :)

    ReplyDelete
  4. Hal terpenting dari Mahasiswa yang "banyak tahu" adalah jangan "sok tahu" terutama pada hal yang baru diketahui. :)

    ReplyDelete

Copyright © 2014 The Words World