~

~
by: Novi Ambarsari (vivovin)
menulis adalah secangkir teh hangat. silakan diminum selagi hangat. maka dengan ini, selamatlah membaca selagi ampasnya mengendap~

Tuesday, March 7, 2017

WIMM : The Alchemist dan Paulo Coelho

Image result for alchemist novel indonesia
Add caption

WIMM #1
What's In My Mind : A Brazilian Novel, The Alchemist.


Alchemist, kata kunci yang apabila diketik di mesin pencari, langsung muncul nama seorang Brazilian, Paulo Choelho. 

Sekilas baca judulnya saya berpikir, "ini novel kimia ? atau menceritakan tentang seorang ahli kimia ?" Covernya waktu itu masih bergambar beberapa domba dan seorang yang memakai jubah putih dengan seekor elang bertengger di tangannya, juga padang pasir. Alchemy memang konon berasal dari Bangsa Egypt. 

Tapi, novel apa ini ?

Pada chapter pertama, halaman pertama, Paulo Coelho mengenalkan tokohnya yang kemudian ia ceritakan dengan sangat gamblang betapa brilian pola pikir tokohnya tersebut, padahal hanya seorang gembala domba. 

Beberapa kali si tokoh ini semacam "membanggakan" dirinya karena pada waktu itu, terutapa di daratan tempat tinggalnya, gembala jarang sekali yang bisa membaca. Si tokoh yang oleh Paulo Coelho hanya disebutkan nama nya sekali di awal cerita ini, sebenarnya adalah seorang anak yang beruntung mendapat restu dari kedua orangtuanya untuk pergi berkelana sebagai gembala domba dan terlihat betul ia berasal dari kalangan yang taat agama. 

Santiago, nama anak gembala domba itu, yang konon punya kemampuan ajaib telah mengalami berbagai peristiwa yang melibatkan jiwa. Perjalanan hidupnya adalah perjalanan mengikuti kata hati dan tentu saja, intuisi. Intuisi tajam, pemikiran yang brilian, dan keinginan yang kuat. Sempurna. Namun pernah beberapa kali ia mengalami pergolakan bathin. 

Dan sekali lagi, 

Paulo Coelho sukses menceritakan bahkan mendeskripsikan betapa briliannya si gembala muda ini terhadap peristiwa yang di alaminya. Seperti bagaimana ia jatuh cinta pertama kali pada seorang gadis saudagar, bagaimana ia bisa selamat dari keterpurukan atas kesialannya di tanah asing yang baru ia jejaki, dan bagaimana ia melahirkan kesimpulan-kesimpulan yang mencerahkan terhadap apa yang nampak dan ia rasakan selama pengembaraannya di negeri asing. 

Latar dari novel ini sangat banyak dan signifikan berbeda, pembaca akan diajak oleh Penulis untuk berkelana seperti sang gembala. Ketika menceritakan padang pasir yang sulit ditebak misalnya, saya merasa sedang berada di sana. 

Novel ini seperti novel penjelajah yang ringan untuk dibaca namun sarat akan makna untuk direnungi. 

inti dari novel ini adalah memang sebuah perjalanan mengikuti kata hati. Namun misi si tokoh utama adalah pencarian harta karun. Disinilah letak twistnya. Siapa Alchemist dan bagaimana rupanya akan dijelaskan secara lengkap di bagian ini. Lengkap dengan kebudayaan orang islam pada masanya, dan cerita perang yang mengagumkan. 

Novel ini, bagi saya, adalah salah satu referensi untuk mengolah kembali rasa. Seperti buku motivasi namun dikemas dalam cerita padang pasir dan unta-unta juga oase yang menyegarkan. 

Tak heran, novel ini menjadi salah satu novel dengan pembaca terbanyak dan dijadikan referensi atau bahan diskusi beberapa mata kuliah di universitas. 

hmm.. :) selamat membaca ! 

2 comments:

  1. Setahu saya, Alchemist itu nama kucingnya Sailor Venus.. kucingnya warnanya putih semua. Kalau kucingnya Usagi Tsukino, si Sailormoon, warnanya item namanya Luna.

    #KomenSerius.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya harus menemukan kata-kata yang tepat untuk memuji pengetahuan anda, pak. yayaya...

      Delete

Copyright © 2014 The Words World